http://arpranata.blogspot.com



Coretan Ringan - Arya Pranata.............................................................................telah pindah alamat ke http://arpranata.blogspot.com .....terima kasih



Rabu, Maret 04, 2009
Bang Ben Emang Kagak Ade Matinye....Met Ultah Bang.!!

Hari ini 5 Maret 2009 bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-70 Almarhum Benyamin S.Dilahirkan di Kemayoran pada tanggal 5 Maret 1939 dan mininggal pada 5 September 1995.

Walaupun Bang Ben,sapaan akrabnya telah lama pergi namun karya-karyanya hingga sekarang masih tetap kita nikmati,baik itu film maupun lagu.Tingkah lakunya yang kocak difilm serta lirik-lirik lagu yang mengelitik adalah ciri khas dari karya-karyanya.
Dimana semasa hidupnya Bang Ben sudah mengeluarkan 75 album musik dan membintangi 53 judul film.

Dalam bermusik Bang Ben tidak lupa memadukan gambang kromong,sebagai salah satu kebudayaan dicampur dengan alat musik modern seperti gitar,bas dan drum,ditambah lirik yang berbahasa betawi yang kocak abis.

Dalam bermusik Bang Ben banyak sekali berkolaborasi dengan beberap penyanyi seperti Eddy Sud,Bing Slamet,Lilis Suryani yang paling fenomenal adalah duet dengan Ida Royani yang juga sering tampil bersama dalam beberapa film.
Didalam lagu-lagunya semua jenis musik selalu ada,rap,pop,dangdut,rock,jazz semua ada dipadu apik dengan gambang kromong tentunya.

Kalo masalah film Bang Ben juga gak kalah dengan prestasinya dengan dunia musik,hampir seluruh film-filmnya meraih sukses.
Dan menurut Connie Sutedja lawan mainnya di film Biang Kerok menurutnya film itulah yang membuat film Indonesia bangkit kembali diawal tahun 70'an.

Bang Ben juga pernah mendapatkan piala Citra dalam film Intan Berduri dan Si Doel Anak Modern sebagai pemeran utama pria terbaik.

Sepanjang hidupnya bang Ben sangat peduli sekali dengan yang namanya kebudayaan betawi,dimana segala bentuk kegiatannya selalu ada unsur betawinya,dan dia juga membangun radio betawi yaitu,Bens Radio 106,2 FM.

Sampai sebelum wafat Bang Ben masih terlibat satu sinetron yang sukses pada tahun 90'an yaitu "Si Doel Anak Sekolahan"

Walaupun sekarang Bang Ben sudah tiada tapi barang-barang yang berbau Benyamin S masih banyak kita temukan dimana-mana mulai dari stiker,kaos,poster,dan lain-lain.
Yang pasti semuanya plesetan dari tokoh-tokoh terkenal seperti Che Guevara,Spiderman,Bob Marley,Bambang Pamungkas,Jim Morrison dan lain-lain yang dipadu dengan kata-kata yang lucu dan menggelitik tentunya.

Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya memajukan serta mempopulerkan budaya betawi pemerintah memberikan sebuah nama jalan : H.Benyamin Sueb dibekas landasan pacu kemayoran.


Sekarang banyak sekali group band yang sering membawakan lagu-lagu karya Bang Bens,diantaranya ada Gundal Gandul,The Sabeni,Jiung Band,dan lain-lain.Serta banyak sekali komunitas penggemar Benyamin S yang sering kita jumpai khususnya di dunia maya,seperti blog,facebook,friendster.


Dan baru-baru kemarin baru saja dirilis sebuah film yang khusus didedikasikan buat Bang Ben yaitu,Tarzan Ke Kota yang dibintangi artis cantik pendatang baru Sandra Dewi dan Ajul seorang vokalis Jiung Band yang sering membawakan lagu-lagu Bang Bens serta gaya dan tampangnya mirip banget dengan almarhum.

Bagi penggemarnya termasuk gue Bang Bens memang kagak ada matinye....selamat ultah Bang....


 
posted by bib2silok at Rabu, Maret 04, 2009 | Permalink |


2 Comments:


  • At 16 Maret 2009 pukul 17.37, Anonymous Anonim

    kerennnnnnnnnnnnn..................
    sama bro... gw fans nya JIUNG band..
    secara mereka pioneer musik betawi setelah band ben yang melegenda itu

    oya gw ada link band jiung nih

    www.jiung.tk

     
  • At 8 Mei 2011 pukul 09.53, Blogger warungABI

    aye penggemar berat babe..ampe2 aye buat video cilp hujan gerimis aje untuk mengenang beliau..nyok lihat di
    http://www.youtube.com/watch?v=kHyJN0BC-Uk