http://arpranata.blogspot.com



Coretan Ringan - Arya Pranata.............................................................................telah pindah alamat ke http://arpranata.blogspot.com .....terima kasih



Rabu, September 02, 2009
Iwan Fals : Dari Generasi ke Generasi....

Hari ini,3 September 2009 bertepatan dengan hari ulang tahun legenda hidup musisi Indonesia,Iwan Fals yang ke-48.

Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listanto dilahirkan di Jakarta pada 3 September 1961 dari pasangan Haryoso (ayah)(almarhum) dan Lies (ibu). Iwan menikahi Rosanna (Mbak Yos) dan mempunyai anak Galang Rambu Anarki (almarhum), Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

Lewat lagunya orang-orang kecil seperti saya merasa terwakili keluh kesahnya,walaupun diera akhir tahun 70'an hingga 90'an tidak banyak yang mampu melakukannya,apalagi sampai penguasa pada jaman itu merasa tertampar dan kebakaran jenggot bila mendengar lagu-lagu Iwan Fals.

Karena sikap memihak orang-orang kecillah yang membuat Iwan Fals begitu dikagumi dan dicintai banyak orang hingga hari ini.

Saya merasa bersyukur pernah tumbuh dan besar bersama karya-karya Iwan Fals,jadi selalu mengikuti berita dan perkembangan Iwan Fals waktu itu.
Pada waktu SMA di Pangkal Pinang ada salah satu stasiun radio yang bernama Gloria FM dimana waktu itu setiap malam Jum'at kalo tidak salah selalu memutar lagu-lagu Iwan Fals mulai dari jam 20.00 hingga larut malam.
Pada jaman itu lagu-lagu Iwan Fals adalah lagu wajib yang harus dinyanyikan disaat-saat kumpul-kumpul bersama teman-teman dan boleh dibilang juga lagu pergaulan.
Walaupun ada masanya lagu-lagu Iwan Fals tidak boleh dinyanyikan atau didengarkan pada waktu pemilu,semua stasiun radio dilarang untuk memutar lagu-lagu dari Iwan Fals dan bagi yang melanggar akan dikenakan sangsi yang tegas seperti pencabutan izin siaran.

Mungkin generasi yang sekarang tidak pernah melihat dan merasakan bagaimana hebatnya seorang Iwan Fals dimasa kejayaannya di era awal tahun 80'an dan akhir 90'an,namun lihatlah kehadiran mereka disetiap pertunjukan konser tunggal Iwan Fals baru-baru ini,mereka sangat hafal dan menghayati setiap syair atau lirik-lirik lagu-lagu hits Iwan Fals pada era itu.Padahal waktu itu generasi yang sekarang mungkin banyak yang belum lahir atau mungkin masih sangat kecil sekali.
Inilah yang mungkin membedakan penggemar Iwan Fals dengan musisi-musisi atau group band yang lain di Indonesia,sosok Iwan Fals bukan hanya seorang musisi tapi juga seorang tokoh idola dan panutan yang kharismatik.
Tak banyak orang seperti Iwan Fals dan saya pikir cuma satu-satunya dan tak akan ada lagi Iwan-Iwan yang lain menggantikan sosok kharismatiknya.

Walaupun Iwan Fals sekarang lagu-lagu barunya tidaklah selantang dulu lagi,tapi Iwan Fals tetaplah seorang Iwan Fals yang tak lekang dan luntur oleh jaman.
Penyanyi boleh datang dan pergi,lagu-lagu hits silih berganti,namun penggemar Iwan Fals tidaklah berkurang malah boleh dibilang semakin bertambah dan jika boleh meminjam tag line sebuah iklan penggemar Iwan Fals adalah dari generasi ke generasi.

Diulang tahunnya yang ke-48,sebagai seorang pengagum dan penggemar berat Iwan Fals saya berdo'a semoga Iwan Fals dan keluarga diberikan kesehatan dan umur panjang agar kami semua masih dapat selalu mendengar dan menyaksikan lantang dan tajam lirik lagu-lagumu.

Kami akan selalu menanti karya-karyamu,kalau bisa yang setajam dan kritis seperti yang dulu..........





 
posted by bib2silok at Rabu, September 02, 2009 | Permalink |


0 Comments: