http://arpranata.blogspot.com



Coretan Ringan - Arya Pranata.............................................................................telah pindah alamat ke http://arpranata.blogspot.com .....terima kasih



Jumat, Agustus 28, 2009
Masakan Khas Bangka.

Semua orang Bangka pasti tidak asing lagi dengan Lempah Kuning dan Lempah Daret.
Lempah kuning adalah adalah masakan lempah yang isinya terdiri dari ikan kakap merah atau tenggiri dengan kuah yang berbumbu kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan belacan. Lempah ini memiliki kuah berwarna kuning dan biasanya dimasukkan potongan-potongan nanas sehingga disebut juga lempah nanas.

Sedangkan Lempah Daret merupakan makanan khas dari Pulau Bangka. Bahan pembuatan makanan ini terdiri dari pucuk idat, talas (di Bangka disebut keladi), belacan (terasi), bawang merah, garam, dan cabe rawit (cabe kecit). Lempah daret paling lezat bila dimakan bersama nasi dan ikan asin.


Lempah Kuning merupakan makanan khas masyarakat Kota Pangkalpinang dan merupakan makanan utama dalam keluarga dan masyarakat.

Proses pembuatan Lempah Kuning sangatlah mudah, bisa ditiru oleh siapapun.

Bahan-bahan:

  1. 1 ekor ikan tenggiri dipotong -potong
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 jari kunyit
  5. 1 jari lengkuas
  6. 1 lembar serai
  7. 3 buah cabe merah keriting
  8. 1 mangkok kecil air asam jawa
  9. 2 buah tomat di iris

terasi,gula,garam dan penyedap rasa secukupnya
tambahkan nanas/mangga muda sesuai selera.

Cara olah:
Masukan semua bumbu yg sudah digiling halus dgn blender/ulekan. + air asam jawa ke dalam 1 liter air yang dimasak sampe mendidih kemudian masukan ikan nya.Setelah mendidih dan tercium aroma masukan nanas/mangga muda.
Lempah kuning siap di hidangkan

Jika pernah mendengar lagu dengan lirik sebagai berikut :
"Ambi’ belacen, garam, cabe kecit, Kite ngelempah, kite ngelempah, lempah daret.Pucuk ided, alar keladi, Hai lempah daret.”
Begitulah kira-kira cara memasak lempah daret



Resep original Lempah Daret terdiri dari beberapa sayuran seperti pucuk ided (daun-daun muda dari sejenis pohon liar yang tumbuh di hutan Pulau Bangka), dan alar keladi (tunas keladi).
Tapi masyarakat di sana kadang menggunakan jenis sayuran lain seperti kacang panjang, kacang butur (sejenis kecipir), terong kancing, dan kerupuk ikan mentah yang dimasukkan ke dalam air rebusan berbumbu.
Yang menjadi kekhasan makanan berkuah ini selain asam Jawa adalah bumbunya yang disebut belacan atau yang dikenal dengan terasi Bangka. Belacan ini terbuat dari udang laut segar.
Kualitasnya tak perlu diragukan lagi sebagai terasi yang paling sedap untuk dijadikan bumbu masakan. Rasa dan aromanya tajam dan akan lebih sedap kalau dicampur dengan bumbu lain.
Menurut tradisi masyarakat disana, Lempah Daret sebagai main course (menu utama) khas Bangka biasanya disantap dengan lauk ikan asin dan nasi putih hangat.

Jadi kalo liburan ke Bangka,jangan lupa mencoba makanan khas Pulau Bangka,yaitu Lempah Kuning dan Lempah Daret dijamin pasti maknyus......



 
posted by bib2silok at Jumat, Agustus 28, 2009 | Permalink |


2 Comments:


  • At 16 September 2009 pukul 16.43, Blogger Hernik Widowati

    Ma'af mas/mbak, foto lempah nanas yang di pasang di artikel ini adalah foto saya, mohon kalau mau copy-paste agar bisa ijin dulu yaa... mungkin mas/mbak bisa sebutkan juga bahwa foto diambil dari blog saya.

     
  • At 25 Oktober 2009 pukul 13.44, Anonymous Arya Pranata

    ma'af Mbak...bukannya saya tidak mencantumkan sumber dari foto tersebut karena saya mengambil dari google....memang saya lupa mencantumkan sumber dari foto tersebut....sekali lagi saya mohon ma'af......